Selasa, 05 Januari 2016

Kijang serta Seekor Kambing

Satu hari seekor kijang keluar dari suatu rimba untuk mencari makanan, kijang itu pergi ke suatu peternakan kambing di mana di sana ada beragam macan makanan serta mengharapkan dia dapat meminjamnya dari beberapa kambing namun dia punya niat tidak untuk kembalikan apa yang sudah dia pinjam. Sang kijang mesti meniti jarak yang jauh untuk meraih tempat peternakan kambing, setelah tiba di sana dia lihat seekor kambing membawa suatu hal dipunggungnya sang kijang penasaran dengan benda yang ada dipunggung sang kambing lalu dia mendekati sang kambing sembari menempatkan muka sedih. 

Saat sang kijang hampiri sang kambing dia ajukan pertanyaan pada sang kambing tentang benda yang dia bawa dipunggungnya serta sang kambing menjawab bahwa benda itu yaitu sekantong gandum paling baik diladang petani serta gandum itu adalah gandum pilihan. 

Mendengar penjelasan sang kambing, sang kijang memohon pada sang kambing untuk meninjamkannya lantaran dia tak mempunyai makanan lagi serta sulitnya mencari makanan di rimba. Sang kambing tak yakin demikian saja dengan apa yang sudah disebutkan sang kijang “Kenapa saya mesti meminjamkan gandum ini kepadamu? ” Bertanya sang kambing dengan berprasangka buruk “karena di rimba susah sekali mencari makanan, lagi juga saya ini makhluk yang bisa diakui. ” jawab sang kijang sembari memberikan keyakinan sang kambing, sang kambing memikirkan bila dia meminjamkan gandum ini pada sang kijang apa sang kijang akan tidak kabur bila saya menagihnya lantaran larinya lebih cepat dariku, saya takut sang kijang cuma memperdayaiku “apa jaminan bila saya meminjamkan gandum ini kepadamu apabila saya menagihnya kau akan tidak lari dariku? ” Bertanya sang kambing dengan tegas “yakinlah padaku wahai tuan kambing. ” kata sang kijang “aku bakal kembalikan apa yang sudah saya pinjam serta saya akan tidak lari bila kau menagih padaku. ” kata sang kijang memberikan keyakinan sang kambing.
Sang kambing tetap harus tak mempercayainya “aku masih tetap tak yakin. ” kata sang kambing “tuan kambing kata-kataku ini dapat kau pegang sang serigala dapat menanggung kejujuran ku. ” kata sang kijang “Serigala katamu? ” teriak sang kambing “aku mengetahui sang serigala dengan sangatlah baik, dia memanglah mahkluk yang bisa diakui. ” singgung sang kambing “bahkan karena sangat jujurnya apa pun yang dia ingin dia ambillah serta tak pernah saya lihat apa yang dia ambillah itu dikembalikan, dia seenaknya saja membawa suatu hal yang bukanlah kepunyaannya tanpa ada terasa bersalah. ” tegas sang kambing “tuan kijang, mungkin saja anda sama dengan tuan serigala, kau mungkin lari saat saya menagih hutangmu padaku. ” terang sang kambing. Sang kambing tak meyakini kalimat yang keluar dari mulut seseorang penjahat oleh karena itu dia tak meminjamkan gandumnya pada sang kijang serta pergi meninggalkan sang kijang.
loading...

Related Posts

Kijang serta Seekor Kambing
4/ 5
Oleh